Selasa, 17 Februari 2015

13 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia Yang Mematikan

Beberapa hewan berbahaya justru dianggap lucu oleh sebagian orang, contoh seperti gajah, kodok dan kuda nil. Jika kita telat mengetahui informasi mereka secara keseluruhan mengenai tabiat yang lebih agresif dalam menyerang itu akan membahayakan kita ketika kita menjumpai mereka di alam bebas.

Hewan paling berbahaya di dunia yang mematikan bagi manusia dinilai dari beberapa kriteria, diantaranya sifatnya yang menyerang, jumlah statistik korban jiwa yang disebabkan hewan tersebut serta kemampuan khususnya yang mematikan seperti bisa racun pada ular.

Saya ilustrasikan beberapa keadaan, pilih mana memegang ular cobra atau memegang siput air tawar dari hutan Amazon? Ular cobra berbahaya dan mematikan, tetapi hewan lucu yang terlihat tak berdaya seperti siput air tawar dari Amazon ini bukan pilihan yang baik pula untuk dipegang.

Berikut 15 hewan paling berbahaya di dunia yang mematikan, saya akan mengurutkannya dari ranking terendah ke ranking tertinggi, berdasarkan sumber dari weather.com :

Di Urutan Ke 13 Ditempati Oleh Hiu

Hiu sudah menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Sudah beberapa film Holywood yang mendapatkan box office di masanya berkat jasa hiu ini. Yang lebih miris bagi hiu di dunia kali ini, bukan penghargaannya atas kesuksesan di dunia perfilman tetapi kematian spices mereka akibat perburuan siripnya yang bernilai jual tinggi serta organ tubuh lainnya.

hiu, hewan paling berbahaya
Sumber Google Images
Menurut penelitian kematian yang diakibatkan oleh serangan hiu tidak lebih dari 10 orang per tahun, ini tidak sebanding dengan apa yang telah manusia perbuat yaitu pemburuan besar-besaran sebanyak 30 sampai 70 juta ekor pertahunnya.

Hiu menempathi urutan teratas dalam rantai makanan dilautan, jika hiu sampai punah maka keseimbangan biota laut akan terganggu.

Di Urutan Ke 12 Ditempati Oleh Srigala

Mungkin Anda semua tidak heran dan tidak terkejut atas penempatan srigala dalam klasifikasi hewan yang mematikan ini. Sejak dahulu srigala sudah menjadi momok yang menakutkan, beberapa kisah pernah tersebut hewan ini, contoh dalam kisah Nabi Yusuf as ketika saudaranya mengabarkan kebohongan kepada Nabi Ayub bahwa Nabi Yusuf as tewas dimakan srigala.
Sumber Gambar : Google Images
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Gates Notes kira-kira 10 orang yang tewas dalam setahun yang diakibatkan oleh srigala.

Di Urutan Ke 11 Ditempati Oleh Singa

Siapa yang tak kenal dengan hewan yang gagah ini bagi anak laki-laki. Sejak kecil saya senang dengan hewan ini terlebih ketika melihat film anak-anak buatan Walt Disney yang berjudul Lion King.
singa, gambar singa
Sumber Gamber : Google Images
Singa sering dijadikan simbol kerajaan dan keberanian, dalam habitatnya beberapa singa betina dipimpin oleh satu singa jantan, mereka biasanya membunuh secara berkelompok hanya untuk mencari makan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Gates Notes singa termasuk hewan yang paling berbahaya di dunia dengan angka kematian yang diakibatkannya sebanyak 100 orang pertahun.

Di Urutan Ke 10 Ditempati Oleh Gajah

Gajah mungkin dianggap tidak berbahaya bagi sebagian orang. Tapi faktanya hewan ini membunuh kurang lebih 100 orang pertahun. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan srigala dan hiu.
gajah, gambar gajah
Sumber Gambar : bbc.co.uk - google images

Di India gajah masih menjadi hewan paling berbahaya, interaksi manusia dan gajah lebih sering terjadi karena para petani memperluas lahan mereka yang sebenarnya dulu menjadi habitat dan daerah teritorial gajah.

Di Urutan Ke 9 Ditempati Oleh Kuda Nil

Hewan yang memiliki nama lain Hippopotamus ini dianggap hewan lucu nan menggemaskan. Tapi fakta yang mengejutkan versi Gates Notes mereka mengakibatkan kematian sekitar 500 orang pertahun. Tetapi menurut Africa Wildlife Foundation kuda nil membunuh sekitar 3,000 orang pertahun, dengan fakta ini seharusnya kuda nil bisa menempati ranking yang lebih tinggi sebagai hewan paling berbahaya di dunia yang mematikan.
kuda nil, gambar kuda nil
Sumber Gambar : Google Images
Kuda nil sebenarnya hewan yang sanga agresif, bahkan sekelompok buaya di Afrika sangat berhati-hati dalam berinteraksi dengan sekawanan kuda nil. Tubuhnya yang terlihat tambun sesungguhnya memiliki kecepatan dan keuatan yang luar biasa.

Di Urutan Ke 8 Ditempati Oleh Buaya

Tidak heran jika buaya menjadi nominasi hewan paling berbahaya di dunia ini. Buaya bukanlah tipekal yang menghindar ketika berinteraksi dengan manusia. Manusia yang tidak menyadari keberadaan mereka ketika bermain-main di sungai sangatlah berbahaya.
buaya, gambar buaya
Sumber Gambar : Google Images
Data jumlah korban jiwa yang diakibatkan oleh buaya ini mencapai 1,000 orang pertahun, itupun baru data dari Australia dan daerah sungai Nil, jika ditambah di negara lain mungkin jumlahnya akan jauh lebih banyak.

Di Urutan Ke 7 Ditempati Oleh Cacing Pita

Cacing pita sering dijumpai pada daging babi, rekor yang diciptakannya melebih rekor buaya yaitu sebanyak 2,000 orang pertahun. Jumlah teresbut memantaskan cacing pita ditempatkan di urutan ke 10 hewan paling berbahaya di dunia yang mematikan.
Sumber Gambar : news.wisc.edu from google images
Cacing pita bisa tertular pada diri seseorang melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi telur ata larva cacing pita. Makanan yang mengandung cacing pita contohnya adalah daging babi.

Menurut Mayo Clinic cacing pita menyebabkan infeksi jaringan (cysticercosis) pada orang yang terjangkit hewan ini. Percayalah hewan ini lebih bahaya dalam mengancam nyawa seseorang dibandingkan hewan-hewan dari diurutan sebelumnya, artinya hewan ini lebih berbahaya dibandingkan hiu, srigala ataupun singa.

Di Urutan Ke 6 Ditempati Oleh Cacing Gelang

Nama cacing gelang sama familiarnya dengan cacing pita di mata masyarakat. Tapi rekor yang dihasilkannya mengalahkan cacing pita yaitu 2,500 kematian yang diakibatkan olehnya. Sama seperti cacing pita jika terinfeksi oleh cacing ini dengan jumlah yang banyak dalam tubuh akan membahayakan jiwa.
cacing gelang, gambar cacing gelang
Sumber Gamber : Weather.com
Jika jumlah cacing gelang sudah banyak dalam tubuh maka sangat sulit untuk disembuhkan dengan cara meminum obat saja. Jika demikan maka tindakan yang paling tepat adalah operasi pengeluaran cacing dalam tubuh.

Di Urutan Ke 5 Ditempati Oleh Siput Air Tawar

Siput mungkin sulit dijadikan sesuatu yang menakutkan, tubuhnya lemah dan pergerakannya yang lambat menjadikan mereka tidak layak untuk ditakuti. Tapi taukah Anda bahwa siput mengakibatkan kematian 10,000 jiwa per tahun.  Schistosomiasis adalah penyakit parasit yang disebabkan oleh siput air tawar. 
siput air tawar, gambar siput air tawar
Sumber Gambar : weather.com
Parasit yang ditimbulkan oleh siput air tawar merupakan parasit yang umum kedua di dunia. Sekitar 200 juta jiwa di seluruh dunia terjangkit penyakit ini. Penularan disebabkan air yang sudah terkontaminasi oleh siput air tawar ini.

Di Urutan Ke 4 Ditempati Oleh Serangga Pembunuh

Serangga triatomine lebih dikenal dengan nama serangga pembunuh, sebutan itu bukanlah tanpa alasan. Karena kematian yang diakibatkan oleh hewan berbahaya ini mencapai rekor 10,000 jiwa pertahunnya.
serangga pembunuh, gambar serangga pembunuh
Sumber Gambar : weather.com
Serangga ini membawa parasit yang menyebabkan penyakit chagas, dan gigitan mereka dapat menyebabkan kematian. Di Indondesia mungkin serangga jenis ini jarang dijumpai, serangga pembunuh sering dijumpai di daerah Amerika Tenga dan Amerika Selatan.

Di Urutan Ke 3 Ditempati Oleh Lalat Tsetse

Di Indonesia mungkin lalat jenis ini tidak familiar, karena lalat ini berasal dari negeri Afrika. Sama seperti halnya siput air tawar dan serangga pembunuh, lalat tsetse menimbulkan penyakit yang disebabkan parasit yang dibawanya yang memakan korban jiwa sebanyak 10,000 orang pertahun.
lalat tsetse, gambar lalat tsetse
Sumber Gambar : yale.edu

Salah satu badan peneliti dunia CDC menghitung 10,000 jumlah orang yang terinfeksi dalam satu tahun tetapi diperkirakan msih banyak lagi yang tidak tercatat.

Di Urutan Ke 2 Ditempati Oleh Anjing

Anjing peliharaan Anda yang lucu nan menggemaskan terlebih lagi jinak dan menurut kepada Anda mungkin bukanlah sesuatu yang dapat mengancam nyawa. Tetapi anjing rabies adalah salah satu pembunuh top dunia saat ini.
anjing, anjing rabies, gamber anjing rabies
Sumber Gambar : Google Images
Kematian diakibatkan oleh serangan langsung oleh anjing memang ada tetapi tidak terlalu banyak, tetapi rabies memiliki rerkor yang luar biasa yaitu 25,000 orang pertahun. Rabies mengakibatkan 99% kematian pada orang yang terinfeksi penyakit ini.

Di Urutan Ke 1 Ditempati Oleh Ular

Sudah sejak dulu ular menjadi hewan yang mesti dihindari oleh manusia. Beberapa ular bersifat agresif dan bisanya dapat mengakibatkan kematian beberapa saat setelah digigitnya. Sebenarnya di negara maju vaksin anti bisa ular sudah ditemukan, tetapi di negara berkembang masih jarang tersedia.
ular, ular berbisa, gambar ular
Sumber Gamber : barkeley.edu
Tercatat sebanyak 50,000 orang tewas karena gigitan ular berbisa. Bisa ular yang berbahaya terbagi menjadi dua bagian yaitu bisa yang menyerang syaraf dan bisa yang menyerang darah.

Berikut telah disampaikan hewan-hewan paling berbahaya di dunia yang dapat meyebabkan kematian. Tetapi taukah Anda makhluk yang paling banyak membunuh manusia? jawabannya adalah manusia itu sendiri. Manusia membunuh ratusan bahkan jutaan orang tiap tahunnya, tidak hanya itu manusia penyebab kerusakan makhluk dan biota lainnya.

Sepantasnya kita sebagai makhluk berakal yang paling memiliki akhlak yang baik dibandingkan makhluk lainnya yang diciptakan oleh Allah Subhanahuwata'ala. Terimakasih

sumber : http://www.beritasehat.net/2014/09/13-hewan-paling-berbahaya-di-dunia-yang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar